Laman

Halaman

PROFILE

GAMBARAN UMUM  SMA IT AD-DA’WAH

Sekolah Menengah Atas  Islam Terpadu SMA IT AD-DA’WAH, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas swasta di Kabupaten Lebak Propinsi Banten. Proses pendidikan di SMA IT Ad-Da’wah  memadukan pendidikan umum dan pendidikan keislaman  secara terpadu.  Selama  belajar di sekolah siswa dan siswi selain dididik harus menguasai bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, merekapun dibekali pengetahuan tentang agama Islam yang komprehensif sehingga setelah mereka lulus dari sekolah ini, mereka  mampu menjadi insan yang mandiri, memiliki  iman dan takwa sesuai dengan ajaran Islam.

Pendidikan sebagai salah satu misi da’wah bertujuan membentuk ahlak siswa dan siswi agar memiliki dasar yang kuat terhadap iman dan takwa terhadap Allah, menjadi warga masyarakat yang shaleh dan shalehah serta berguna untuk bangsa dan Negara.  Siswa dan siswi SMA IT Ad-Da’wah  dididik oleh guru guru professional, yang memiliki  dedikasi, komitment, serta memiliki latar belakang pendidikan yang  kompeten di bidangnya. Sehingga setelah menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas  Islam Terpadu  Ad-Da’wah seorang siswa memiliki wawasan kebangsaan, dan nasionalisme yang kuat, mandiri, menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki  pribadi yang shaleh dan shalehah.

Lokasi dan proses  pendidikan untuk  siswa dan siswi dilakukan secara terpisah untuk menghindari dari fitnah subhat dan syahwat, dalam suasana yang tenang jauh dari kebisingan. Selama didalam pondok semua aktivitas dipantau dan dibimbing oleh ustadz untuk siswa dan ustadzah untuk siswi .  Sekolah dan pemondokan untuk putra berlokasi di Jalan Tb Hasan Ciseke Sementara untuk kantor sekolah dan pemondokan putri berlokasi di jalan Siliwangi Pasir Ona. Rangkasbitung Timur

SEJARAH
Sekolah kami berdiri tanggal 11 September 2012 dengan SK pendirian 421/5512.dindik/kab/2012 berlokasi di jalan Siliwangi, Pasir Ona Rangkasbitung Timur, Kabupaten Lebak 42313  Propinsi Banten, di tanah seluas 1800 meter persegi yang terdiri dari ruang kelas untuk belajar,  laboraturium komputer, Perpustakaan, UKS, Aula, dan beberapa sarana penunjang lain seperti sarana pemondokan yang terpisah bagi siswa siswi, agar mereka mampu mandiri,  merasa tenang dan nyaman untuk belajar di sekolah

VISI DAN MISI:
1.       Visi SMA IT Ad-Da’wah
Menjadikan Sekolah Menengah Atas  Islam Terpadu (SMA IT) Ad-Da’wah sebagai salah satu Sekolah Menengah Atas yang menjadi kebanggaan umat Islam di Kabupaten Lebak Propinsi Banten.

2.       Misi SMA IT Ad-Da’wah
o    Profesionalisme Da’wah dibidang pendidikan
o    Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien
o    Membangun pola pendidikan dan pengajaran yang islami dan integratif.
o    Membina dan mewujud kangenerasi Qur’ani

DATA PENGAJAR
SMA IT AD-DA’WAH memiliki 20 orang tenaga pengajar, dengan pendidikan lulusan S1 dengan berbagai bidang keahlian, sesuai dengan bidang studi masing masing guru.

DATA PESERTA DIDIK
SMA IT AD-DA’WAH memiliki peserta didik sebanyak 51 siswa yang terbagi kedalam  3 kelas dengan jurusan ilmu pengetahuan alam.

KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran.

Muatankurikulum di SMA IT AD-DA’WAH
Muatankurikulummeliputi:
1.       Mata pelajaran
Mata pelajaran di SMA IT AD-DA’WAH terdiridari 13 mata pelajaranuntuk jurusan IlmuPengetahuan Alam yaitu dengan beban belajar sebagai berikut :

NO
MATA PELAJARAN
KELAS
JUMLAH
X
XI
XII
1
BahasaInggris


4
4
2
Tafsir
2
2
2
6
3
Hadist
2

2
4
4
UsulFiqh


2
2
5
Ahlak
3
4

7
6
Aqidah
2
2
3
7
7
Fiqh
2
4

6
8
UsulHadist


2
2
9
Matematika
4
4
4
12
10
Biologi
3
3
3
9
11
Fisika
3
3
3
9
12
Kimia
3
3
3
9
13
BahasaInggris
3
3

6
14
TIK
2
2
2
6
15
Bahasa Indonesia
3
3
3
9
16
Nahwu
2
4
3
9
17
Fiqh


4
4
18
Tsaqofah
3
3

6
19
Shorof
2
2
3
7
20
Bahasa Arab
4
4
4
12
21
Khot/Imla
3


3
22
PendidikanJasmanidanKesehatan
1
1

2

JUMLAH
47
47
47
141
Dengan duras isetiap mata pelajaran selama 45 menit.

2.       Pengembangan diri
Pengembangan diri di SMA IT AD-DA’WAH terdiriatas:
1.       Komputer
2.       Pramuka
3.       Bahasa Arab
4.       BahasaInggris
5.       Pidato
6.       BeladiriTapakSuci
7.       Olah raga:
§  Bulutangkis
§  Sepak bola
§  Tenismeja
§  Berkuda
§  Basket
§  Memanah

8.       PESANTREN RAMADHAN (SANLAT)
Untuk menambah amal ibadah agar berlipat ganda, apalagi dalam bulan Ramadhan yang mana bulan tersebut  adalah bulan yang paling mulia dibandingkan bulan-bulan lainnya dengan perbandingan seribu (1000) kemuliaan/ bulan.Maka untuk memperkenalkan pada anak didikk ita, kami mengadakan pesantren Ramadhan (SANLAT) yang didalamnya banyak sekali kegiatan-kegiatan yang berhubung anera tdengan Ramadhan, seperti:
§  Evaluasi Tajwid
§  Tadarus dan Tahfidz
§  Do’a ma’tsurat
§  Kultum/Tausiyah
§  Cerdas cermat
§  Baksos
dan lain-lain
9.       PRAMUKA
Untuk mempersiapkan kemandirian dan kecakapan Siswa-siswiSMA IT diadakan Ekstrakurikuer Pramuka, juga untuk menanamkan rasa solidaritas antar sesama.
10.   RIHLAH
Rihlah/Rekreasi merupakan bagian dari acara tahunan SMA IT Ad-Da’wah.Acara tersebut dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara orang tua, guru dan siswa-siswi,sekaligus refreshing bagi siswa-siswi.
11.   Beladiri Tapak Suci
12.   Bahasa
Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris.

FASILITAS
SMA IT AD –DA’WAH memiiki ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang layanan bimbingan dan konseling, ruang tamu, ruang UKS/UKM, ruang media dan alat bantu PBM, ruang/pos keamanan, gudang, kantin sekolah/madrasah, halaman sekolah,  ruangan kelas dan dilengkapi lab. Komputer dan lab IPA.Sekolah kami menyediakan asrama/pondokan bagi siswa yang wajib mukim di asrama, Kelas dan pondokan (asrama) antara siswa dan siswi lokasinya terpisah dan berbeda tempat.